Antar Muka
Pengertian antarmuka (interface) adalah
suatu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi anatara
pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang
bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu
Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).
Command Line Interface (CLI) CLI adalah
tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui
text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi
tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.Meskipun konsepnya sama,
tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya.
Graphical User Interface (GUI) GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh
pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik,
ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse
atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP
( window, icon, menu, pointing device). User interface berfungsi untuk
menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES) dan
menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara
menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap
suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan
dalam memakai atau menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan
kesulitan dalam mengembangkan atau membangun suatu program jangan terlalu
diperlihatkan.
Antarmuka pemakai (User Interface) adalah
suatu cara komunikasi anatara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai
(user Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan
informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran
masalah sampai ditemukan suatu solusi. User interface, berfungsi untuk
menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES),
menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara
menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap
suatu sistem.
Yang terpenting dalam membangun user
interface adalah kemudahan dalam menggunakan atau menjalankan sistem,
interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan atau membangun
suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Fitur Antar Muka Dan Teknologi Antar Muka
Terdapat
6 macam Fitur & Teknologi yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika.
Fitur-fitur itu antara lain:
·
Head Up Display
System
Head Up Display (HUD) adalah suatu
tampilan yang transparan dimana dia menampilkan data tanpa mengharuskan si user
untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari
alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat
(head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian
instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang
HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi
lainnya.
Contoh Head Up Display (HUD) :
Automobile
General Motors mulai menggunakan display
head-up pada tahun 1988 dengan layar warna, pertama muncul pada tahun 2001 pada
Corvette. Pada tahun 2003, BMW menjadi produsen Eropa pertama yang menawarkan
HUDs. Menampilkan menjadi semakin tersedia dalam mobil produksi, dan biasanya
menawarkan speedometer, tachometer, dan menampilkan sistem navigasi. Tampilan
malam pun juga ditampilkan melalui HUD di General Motors tertentu, Honda, Toyota
dan kendaraan Lexus. Manufaktur lainnya seperti Citroen, Saab, dan Nissan saat
ini menawarkan beberapa bentuk sistem HUD. HUDs Sepeda Motor helm juga tersedia
secara komersial.
·
Tangible
User Interface
Tangible
User Interface(TUI), merupakan suatu antarmuka yang memungkinkan seseorang bisa
berinteraksi dengan suatu informasi digital lewat lingkungan fisik. Salah satu
perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT
yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan yang istimewanya untuk tangible
UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi
digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.
Contoh Tangible User Interface (TUI)
:
- Mesin
Penjawab Marmer oleh Durrell Uskup (1992). marmer adalah merupakan suatu pesan
yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu
memutar ulang pesan yang terkait.
- Sistem
Topobo. Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi
juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat
mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa menghafal
gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
·
Computer
Vision
Computer
Vision yaitu suatu ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.
Computer vision dimanfaatkan juga untuk membangun teori kecerdasan buatan yang
membutuhkan informasi dari citra(gambar) yang ditangkap dalam berbagai bentuk
seperti urutan video, pandangan dari kamera yang diambil dari berbagai sudut
dan data multi dimensi yang didapatkan dari hasil pemindaian (scan) medis.
Computer vision juga berusaha untuk mengintegrasikan model dan teori untuk pembangunan
sistem visi komputer. Sebagai contoh :
Interaksi maksudnya sebagai input
(masukan) ke suatu perangkat yang nantinya digunakan sebagai alat untuk
keperluan interaksi manusia dan komputer.
Pengendalian proses yang biasanya
digunakan untuk keperluan robotika di dalam dunia industry. Mengorganisir informasi biasanya
digunakan untuk untuk pengindeksan database foto dan gambar urutan.
Contoh aplikasi dari computer vision :
Beberapa aplikasi yang dihasilkan dari
Computer Vision antara lain :
-
Psychology,
AI – exploring representation and computation in natural vision
-
Optical
Character Recognition – text reading
-
Remote
Sensing – land use and environmental monitoring
-
Medical
Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
-
Industrial
Inspection – measurement, fault checking, process control
-
Robotic –
navigation and control
- Browsing Audio Data
Browsing
Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing
video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio
metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut :
Menjalankan sebuah program aplikasi
komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera
IP Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name
Server) oleh program aplikasi Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat
server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera
IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan server melalui
alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang
ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio data
melalui Internet.
Sebagai kemajuan teknologi jaringan,
semakin banyak diterapkan jaringan produk yang dibuat-buat terus-menerus. Salah
satu yang paling umum diterapkan jaringan yang dikenal adalah produk kamera IP,
yang dapat menampilkan isi (video / audio data) melalui Internet. Kamera IP
biasanya terhubung ke jaringan melalui router, dan memiliki sebuah IP (Internet
Protocol) address setelah operasi sambungan.
Contoh Browsing Audio Data:
Informasi yang dapat dicari (browsed)
melalui internet, yaitu: informasi berupa teks (text/plain, text/html),
image (image/gif, image/jpeg, image/png), video (video/mpeg, video/quicktime),
audio (audio/basic, audio/wav) dan application (application/msword,
application/octet-stream).
·
Speech
Recognition
Sistem ini
dipakai untuk mengubah suara menjadi tulisan, dengan pengenal suara otomatis
(automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech
recognition) dengan system tadi computer dapat mendeteksi sebuah suara yang
mana dari suara tadi akan di ubah menjadi tulisan. Dengan adanya system ini si
user tidak perlu melakukan pengetikan untuk mengetik suatu kalimat tadi cukup
membunyikan kata itu maka computer secara otomatis menulis apa yang anda
ucapkan. Dan ini juga digunakan (voice recognition) yang digunakan untuk
mengidentifikasi siapa yang membunyikan kata itu saat user berbicara jadi suara
user akan dikenali berasal dari siapa dengan alat ini dan Istilah “Speech
Recognition” digunakan untuk mengidentifikasi apa yang diucapkan oleh user.
Contoh Speech Recognition :
Aplikasi perawatan kesehatan. dalam
metode perawatan kesehatan domain, bahkan di bangunmeningkatkan teknologi
pengenalan suara (transcriptionist medis (MTs) belum menjadi ibunya.
·
Speech
Synthesis
Speech
synthesis adalah hasil dari kecerdasan buatan dari pembicaraan yang dilakukan
oleh manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech
syhthesizer dan dapat juga diintegrasikan pada suatu perangkat keras (hardware)
dan perangkat lunak (software). Sistem text to speech (TTS) digunakan untuk
merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.
Contoh Speech Synthesis :
Sebuah sistem text-to-speech (TTS) yang
dapat mengkonversikan teks dengan bahasa biasa menjadi suara. Program TTS yang
jelas dapat membantu orang dengan gangguan visual atau ketidakmampuan membaca,
untuk mendengarkan pada pekerjaan yang tertulis dalam komputer. Banyak Sistem
Operasi komputer yang telah dimasukkan speech synthesizer sejak tahun 1980-an.
Daftar Pustaka:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar