Halaman

Senin, 27 April 2015

PENGERTIAN KEYBOARD BESERTA JENIS-JENISNYA



KEYBOARD
Pengertian Keyboard
Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi kedalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalamkomputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketikyang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyakdipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.Keyboard computerpertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengirimantulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakanpembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input.
  1. Dalam penggunaan normal, keyboard digunakan untuk mengetik teks danangka kedalam pengolah kata, teks editor atau program lainnya. Sedangkan padakomputer modern,penafsiran dari tombol yang ditekan pada umumnyadiperintahkan kepada perangkat lunak. Keyboard juga digunakan untuk gamekomputer, baik dengan keyboard biasa atau denganmenggunakan keyboarddengan fitur gaming khusus.Susunan keyboard yang dipakai umum sekarang ini (QWERTY)sebenarnya adalah salah satu susunan yang paling tidak efisien yang ditujukanagar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat.Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih duluoleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototypesebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untukmengetik dengan lebihcepat.
Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai-sampaisering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batanghuruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebihsering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher LathamSholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukankombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik.Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang seringterjadisebelumnya.
Fungsi Keyboard
Fungsi keyboard di sini memang penting sekali. Jika sebuah computertidak memiliki keyboard maka tentu sebagian aplikasi atau softwere computertidak dapat berfungsi denganbaik atau bahkan tidak dapat digunakan.
Komponen Keyboard Beserta Fungsinya
Dalam penjelasan tentang fungsi keyboard di atas, tentu tombol-tombolyang ada pada keyboard tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut iniakan dijelaskan tentangfungsi keyboard berdasarkan fungsi tombolnya yaitu :
  1. Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketik yaitu dapat dipakai untukkebutuhan mengetik atau meng-input data ke dalam suatu dokumen yangkemudian ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik tersebutberupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun pada keyboard.
  2. Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrol yaitu salah satunya dapatmenghasilkan suatu perintah tertentu jika digabungkan dengan tombolyang lainnya. Seperti misalkan jika tombol kontrol (Ctrl) ditekan bersama6sama dengan tombol B maka ini merupakan perintah untuk menebalkansuatu huruf atau angka.
  3. Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikandengan aplikasi atau softwere yang sedang dijalankan seperti misalkantombol F1 jika di tekan maka akan memunculkan menu bantuan (Help)sesuai dengan softwere yang dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1sampai F12 yang tersusun secara berderet.
  4. Fungsi keyboard berdasarkan Tombol alternate yaitu seperti tombol Enterberfungsi untuk memulai kembali suatu paragraf baru saat mengetik atauuntuk memilih suatu perintah tertentu yang muncul pada aplikasi yangdijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna untuk meng-cancel suatudialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.
  5. Fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi seperti tombol Page Downyang berfungsi untuk men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up untukmen-scrool layar ke atas. Tombol End berguna untuk pemindahan letakkursor ke bagian akhir baris. Tombol Left berfungsi untuk pemindahan kekiri dengan melangkahi 1 karakter. Tombol Tombol Right berguna untukpemindahan kursor ke kanan dengan melangkahi 1 karakter. Dan lainsebagainya.
Jenis – jenis Keyboard Berdasarkan Susunan Tombolnya (Tuts)
Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik,perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan perintahlainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik. Data atau perintahdapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Jadi keyboardmerupakan penghubung antara manusia dan komputer. Bentuk keyboard yangernah diciptakan sejauh ini, yaitu:
  1. Keyboard Qwerty
Keyboard QWERTY, dibuat berdasarkan layout mesin tik. Tata letak iniditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudianmenjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Keyboard QWERTYdidesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisahletaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saatmengetik (pada mesin ketik mekanik).Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memilikibeberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakandiantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 % ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari padakeyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contohpaling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf‘a’ yangcukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yangpaling lemah.
  1. Keyboard DVORAK
Keyboard ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakanberdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol hurufdengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada padatangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jaritengah, dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih seringdiketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang. Walaupun keyboard jenis DVORAK sudah lebih baik dari pada jenis QWERTY, akan tetapi karena dalam hal pemasarannya dengan jenis QWERTY lebih dulu dan meskipun harus diganti dengan jenis DVORAK, secara otomatis kita akan memerlukan pelatihan baru dan juga berarti perlu biaya tambahan yang harus disangga oleh Perusahaan pembuat keyboard DVORAK. Kemungkinan untuk menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan. Dengandemikian jenis lama (QWERTY) masih tetap digunakan.
  1. Keyboard Klockkenbreg
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboardyang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiridan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajatdan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyaitombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasalebih nyaman.  
Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiridan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang. Walaupun demikian,keyboard KLOCKENBERG sudah lebih baik dalam hal pengurangan beban padajari dan lengan. Hal ini dapat mengurangi nyeri otot pada bahu dan pergelangantangan. Dari ketiga macam keyboard tersebut, ternyata keyboard QWERTY yangtetap diusulkan sebagai keyboard resmi. Hal ini diperkuat dengan keputusanAmerika Serikat untuk tetap menggunakan keyboard QWERTY dalam StandardInstitute pada tahun 1968 dan melalui ISO pada tahun 1971. Keputusan ini lebihbanyak dipengaruhi masalah ekonomi, yaitu dalam hal mengurangi biayapelatihan baru bila harus memakai keyboard jenis KLOCKENBERG maupunjenis DVORAK. Dengan demikian, masalah nyeri otot masih tetap akan munculpada pemakaian keyboard QWERTY.
2.4.Jenis – jenis Keyboard Berdasarkan Konektornya (PORT)
  1. Keyboard Serial.
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada computertipe AT. Keyboard Serial adalah keyboard yang terhubung ke computermenggunakan port Serial
  1. Keyboard PS/2
Keyboard PS/2 adalah keyboard yang terhubung ke computermenggunakan portPS/2. Biasanya digunakan pada komputer ATX dan masihumum dipergunakan di komputer lama. Pemasangan keyboard tipe ini harusdilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untukmouse.
  1. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabelsebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yangdigunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkankeyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unitpemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerimabiasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
  1. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jeniskonektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat dan lebih mudahdalam pemasangannya.
5.      Celluon Magic Cube
            Celloun Magic Cube Projection Keyboard merupakan inovasi terbaru dari keyboard keluaran dari Celluon Keyboard proyeksi ini sangat serbaguna , kita dapat dengan mudah menghubungkannya  dengan perangkat Android. Selain itu kita juga bisa menggunakan perangkat keyboard ini dengan Windows dan Mac OS melalui koneksi USB
           Cara menggunakannya pun sangat mudah,kita hanya menekan sebuah tombol dan perangkat ini dapat segera bekerja. Celluon Magic ini berukuran kecil secara fisiknya sehingga sangat mudah untuk dibawa dalam perjalanan.
Cara Kerja Keyboard
Sebuah keyboard seperti miniatur komputer. Keyboard mempunyaiprosesor sendiri dan rangkaian sirkuit yang membawa informasi menuju dandari prosesor tersebut. Bagian terbesar dari rangkaian keyboard berupa “keymatrix”.
“Key matrix” adalah sebuah kisi rangkaian dibawah tombol-tombolkeyboard. Di dalam keyboard, tiap rangkaiannya terputus (seperti saklar) padatitik dibawah tiap tombol. Ketika kita menekan sebuah tombol, tomboltersebut menekan sebuah saklar, menjadikan rangkaian tersambung danmengalirkan arus listrik melaluinya. Jika kita lama pada tombol, prosesormengenalinya sama dengan menekan tombol tersebut berulang-ulang.
Ketika prosesor menemukan rangkaian tertutup (tersambung karenaadanya penekanan tombol), maka prosesor akan membandingkan lokasi yangrangkaian tertutup tersebut dengan peta karakter yang tersimpan dalam ROM(read only memory) keyboard. Peta karakter pada dasarnya adalah tabel daftarkarakter yaitu daftar posisi tiap-tiap tombol atau kombinasi tombol besertakarakter yang direpresentasikannya.Sebagai contoh, peta karakter memberitahu prosesor bahwa menekantombol “a” sendirian menghasilkan huruf kecil “a”, tetapi tombol Shiftbersama tombol “a” bersama-sama akan menghasilkan huruf kapital “A”.
Cara kerja keyboard virtual :
  1. Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level pemukaan yang dibiasakan
  2. Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjadi keyboard virtual.
  3. Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menimbulkan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah secaa bersamaan, yang menghasilkan refleksi langsung ke proyektor.
  4. Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera.
  5. Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari infra merah.
  6. Chip dari sensor akan memperbaiki letak pancaran infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkan dalam koordinat.
  7. Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada layar,dengan menggunakan koordinat yang diterima secara wirelessly atau tanpa kabel.

PENUTUPAN
Simpulan
Dari pembahasan di atas dapat kami simpulkan bahwa keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer.
Menurut jenisnya keyboard ada beberapa jenis yaitu Keyboard QWERTY, Keyboard KLOCKENBERG, Keyboard MALTRON, Keyboard CHORD, Keyboard ALPHABETIK, Keyboard NUMERIK. Setiap jenis diatas susunan tombol dan karakteristiknya masing-masing.
Serta sebenarnya komponen keyboard tidak mengalami perkembangan yang pesat. Hanya dalam konektor PC nya saja yang mengalami perkembangaan. Dimulai dari keyboard Serial, Keyboard PS2, Keyboard USB dan yang terbaru adalah keyboard wireles. Begitu juga dengan desain secara bentuk fisiknya dari persegi panjang, fleksibel hingga keyboard virtual.
Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar