Halaman

Senin, 05 Oktober 2015

(Tulisan 1 - B.Indonesia) Pentingnya Bahasa Indonesia Dalam Era Tenologi



Pentingnya Bahasa Indonesia Dalam Era Teknologi

Bahasa merupakan sarana yang digunakan manusia sebagai alat untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Dalam mempelajari bahasa khususnya bahasa Indonesia, kita harus mengerti bagaimana menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar terlebih dahulu. Oleh sebab itu, bahasa Indonesia diajarkan kepada kita dimulai sejak dini.
Dalam era teknologi, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) sudah banyak dilupakan. Contohnya seperti remaja yang berkirim pesan kepada temannya tidak menggunakan bahasa yang baku. Ini merupakan sebuah faktor yang terjadi akibat perkembangan teknologi yang semakin maju. Karena sejak dini bahasa Indonesia dianggap sebagai pelajaran yang mudah, akan tetapi bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang sulit jika kita tidak mengerti dasar-dasarnya.
Pengaruh nya terhadap anak muda sangat kuat. Pengaruh nya telah membuat banyak anak muda kita kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala- gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari anak muda sekarang. Dilihat dari sikap, banyak anak muda yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan. Karena tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang benar, sehingga mereka bertindak sesuka hati sehingga menganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat.

   Jika pengaruh-pengaruh di atas dibiarkan, mau jadi apa generasi muda Indonesia? Moral generasi bangsa menjadi rusak, timbul tindakan anarkis antar golongan muda. Hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta dan rasa peduli terhadap budaya bangsa sendiri. Faktanya generasi muda nantinya akan menjadi penerus masa depan bangsa.
Jadi, Bahasa Indonesia dalam era teknologi sangat penting. Karena kita harus dapat mengimbangi dengan pesatnya teknologi agar moral kita tidak rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar