Halaman

Senin, 05 Oktober 2015

(Tulisan 2 - B.Indonesia) Memperbaiki Penggunaan EYD Dalam Sebuah Artikel



Terima Kabar soal Nasib Pesawat, Ortu Nurul Fatimah: Kami Ikhlas
Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews

Makassar - Keluarga penumpang sudah mendapatkan informasi soal nasib pesawat. Mereka mengaku pasrah mengetahui bahwa pesawat jatuh di pegunungan dan anggotanya keluarganya tidak selamat.

"Kami sudah dapat infonya. Tadi ditelepon suami Nurul jam 17.30 Wita," kata orangtua Nurul Fatimah, Muhajir, melalui sambungan telepon, Senin (5/10/2015) malam.

Nurul Fatimah (25) terbang bersama dua anaknya balitanya, Rayya (3) dan Afif (1). Mereka hendak pulang ke Makassar. Sedangkan suaminya, Kamarudin, tidak ikut. Baik Nurul maupun suami bekerja di Bandara Andi Djemma Masamba, Luwu Utara.

Malam ini, keluarga Nurul mengadakan yasinan. "Kami ikhlas," kata Muhajir.

Pesawat Aviastar ditemukan jajaran Polres Luwu di desa Ulu Sula, Kecamatan Latimojong, Luwu, sore tadi. Pesawat hancur dan puingnya berserakan di pepohonan. Sejauh ini sudah 3 jenazah ditemukan.
(mna/try)

 
Dalam artikel diatas, masih terdapat beberapa kalimat yang belum sesuai dengan EYD. Maka saya akan membenarkan kalimat tersebut.
1.      Kata “Terima”, seharusnya menggunakan kata “Menerima”.
2.      Kata “Ortu”, seharusnya meggunakan kata “Orang Tua”.
3.      Kata “anggotanya keluarganya”, seharusnya menggunakan kata “anggota keluarganya”.
4.      Kata “Tadi”, seharusnya menggunakan kata “Saat”.
5.      Kata “dapat”, seharusnya menggunakan kata “mendapatkan”.
6.      Kalimat “"Kami sudah dapat infonya. Tadi ditelepon suami Nurul jam 17.30 Wita,"” seharusnya tanda koma berada berada sesudah tanda kutip menjadi “"Kami sudah dapat infonya. Tadi ditelepon suami Nurul jam 17.30 Wita",”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar